Navigasi

Kamis, 27 Desember 2007

Petunjuk dan Contoh Soal TOEFL 2

Sesi 2: Structure and Written Expression
• Waktu : 25 menit (termasuk membaca petunjuknya)
Sesi ini akan menguji kemampuan anda dalam mengenal bahasa yang cocok untuk standar penulisan bahasa Inggris. Ada 2 jenis pertanyaan pada sesi ini, yaitu pertanyaan struktur (structure) dan ekspresi tertulis (written expression).

A. Struktur
• Petunjuk
Pertanyaan mengenai struktur biasanya merupakan pertanyaan untuk melengkapi kalimat. Anda akan melihat kalimat yang tidak lengkap karena ada kata atau frasa yang dihilangkan. Kata atau frasa yang sesuai untuk mengisi bagian yang hilang ini terdapat dalam pilihan jawaban A, B, C atau D. Pilihlah satu jawaban yang benar.

Contoh pertanyaan:
1. ...are very seldom found in the tropical countries.
(A) Snow and ice which
(B) Snow and ice
(C) Because snow and ice
(D) That snow and ice

Jawaban: B

2. Fruits were harvested from the field, then cleaned up and cut into pieces and finally ... to make the juice.
(A) to crush
(B) crushing
(C) crushed
(D) to be crushed

Jawaban: C

B. Ekspresi Tertulis
• Petunjuk
Pertanyaan mengenai ekspresi tertulis berbentuk kalimat yang mempunyai 4 (empat) kata atau frasa yang bergaris bawah dan ditandai sebagai pilihan A, B,C dan D. Salah satu kata atau frasa yang bergaris bawah ini harus diubah agar kalimat menjadi benar. Dengan kata lain, Anda harus memilih kata bergaris bawah yang berada dalam keadaan salah.

Contoh pertanyaan:
1. African elephants are about (A) the same size than (B) Asia elephants, but the have larger (C) ears and a differently (D) shaped back.

Jawaban: B. than
Penjelasan:
Kata the same size menyatakan kesetaraan antara 2 objek yang dibandingkan, biasanya diikuti dengan kata ‘as’ atau ‘with’, misalnya:
African elephants are about the same size with Asia elephants
Your clothes has the same size as mine.
jadi tidak boleh diikuti oleh kata ‘than’ yang menegaskan kelebihan/kekurangan salah satu objek.

2. As a result(A) of an umployment, people do not have enough(B) money to purchase goods and this led(C) to decrease in production and more(D) unemployment.

Jawaban: C. Led
Penjelasan:
Kalimat di atas dipisahkan oleh kata sambung ‘and’, kata sambung ‘and’ menyatakan kesetaraan dalam tense. Kalimat di atas dimulai dengan bentuk simple present, jadi semua bentuk kata setelah kata ‘and’ harus dalam bentuk simple present. Bentuk present dari kata ‘led’ adalah ‘leads’. Jadi kalimat yang benar seharusnya seperti ini:

As a result of an umployment, people do not have enough money to purchase goods and this leads to a decrease in production and more unemployment.

Tidak ada komentar: