Navigasi

Kamis, 27 Desember 2007

Petunjuk dan Contoh Soal TOEFL

Sesi 1: Listening Comprehension
Sesi ini akan menguji kemampuan anda dalam memahami percakapan dan ceramah dalam bahasa Inggris. Sesi ini terdiri dari 3 (tiga) bagian, ketiga bagian ini mempunyai petunjuk cara mengerjakan sendiri-sendiri. Jawablah SEMUA pertanyaan, karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi penilaian. Ingat! ANDA DILARANG membuat catatan atau coretan pada lembar soal tes anda.

A. Percakapan Pendek
• Petunjuk
Pada bagian ini, anda akan mendengar percakapan pendek antara dua orang (pria dan wanita). Setelah itu anda akan mendengar orang ketiga (pria lain) menanyakan tentang apa yang telah mereka percakapkan. Anda hanya diperbolehkan mendengar percakapan pendek tersebut sekali saja. Kemudian anda harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban dengan cara menghitamkan salah satu pilihan jawaban. Ingat! Hitamkanlah salah satu pilihan jawaban di nomor yang sesuai dengan nomor soal yang ditanyakan.

Contoh:
Anda akan mendengar:
Women : Shall I turn off the light now?
Man : But I haven’t finished writing this paper!

Lalu anda akan mendengar pertanyaan:
What does the man imply?

Anda akan membaca di lembar tes anda pilihan-pilihan jawaban sebagai berikut:
(A) He has just finished writing his paper.
(B) He is still reading the paper.
(C) He wants the woman to turn off the light.
(D) The woman should leave the light on.

Jawaban: D
Penjelasan:
Dari percakapan di atas, dapat diketahui bahwa si pria belum selesai menulis papernya, artinya dia masih memerlukan cahaya. Jadi, jawaban terbaik untuk pertanyaan, What does the man imply? Adalah D. The woman should leave the light on.

B. Percakapan Panjang
• Petunjuk
Pada bagian ini anda akan mendengar percakapan yang lebih panjang. Setelah percakapan selesai, anda akan mendapat beberapa pertanyaan tentang percakapan yang agak panjang tadi. Baik percakapan maupun pertanyaan hanya dibacakan sekali saja, tidak diulang. Kemudian anda harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban dengan cara menghitamkan salah satu pilihan jawaban. Ingat! Hitamkanlah salah satu pilihan jawaban di nomor yang sesuai dengan nomor soal yang ditanyakan.

Contoh:
Anda akan mendengar:
Man : I’m feeling kind of hungry.
Woman : Me, too. Let’s go to eat.
Man : But the cafetaria is closed.
Woman : Not the one in the library.
Man : Does it have any food?
Woman : Of course. Sandwiches, salads, even pizza.
Man : All right! What are we waiting for?

Anda akan mendengar pertanyaan:
What are the man and woman probably going to do next?

Anda akan membaca:
(A) Study at the library.
(B) Eat at the cafetaria.
(C) Eat at the library cafetaria.
(D) Wait until the cafetaria opens.

Jawaban : C
Penjelasan:
Jawaban terbaik untuk pertanyaan, What are the man and the woman probably going to do next? Adalah C. Eat at the library cafetaria.

C. Ceramah/Kuliah
• Petunjuk
Pada bagian tes ini anda akan mendengarkan beberapa ceramah dalam bahasa Inggris. Setelah ceramah berakhir, akan diikuti oleh beberapa pertanyaan yang seperti sebelum-sebelumnya, hanya dibaca sekali saha. Setelah itu Anda harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban Anda.

Contoh:
Anda akan mendengar:
Listen to a teacher telling her students about a special summer program. I’d like to tell you about a new and, I think, interesting program the college is running this summer. It’s called “Operation Hope”, and the idea is to provide a free summer school for the kids of the new immigrants who can’t yet go to a public school. The main subject is that we, or rather you, becayse this will be run entirely by college students once we’ve got it off the ground, will teach English. But naturally it won’t be the only one. We’ll have art, music, sports and maybe a little American history, though you guys know some history too. Application for teaching staff and administrative assistants will begin next week and we start next month on the third. One last thing, this won’t be unpaid work. So, see you next week.
Contoh:
Anda akan mendengar pertanyaan:
What is the main purpose of “Operation Hope”?

Anda akan membaca:
(A) To open a school for immigrants.
(B) To run a free summer school for children.
(C) To run a free summer school for students.
(D) To get immigrants to go to public school.

Jawaban: B

Anda akan mendengar pertanyaan lagi:
What does the teacher want the students to do?

Anda akan membaca:
(A) To run is the sports event.
(B) To find a teacher of history.
(C) To teach the children of immigrants.
(D) To improve their knowledge of history.

Jawaban : C

Tidak ada komentar: